Kamis, 07 April 2011

(Pic + Video) Nestinarstvo, Ritual Dansa Diatas Bara Api Asal Bulgari

Sebuah kebiasaan lama yang berabad-abad dapat ditelusuri kembali ke Tracians, Nestinarstvo (Fire Dancing) adalah ritual misterius di mana orang benar-benar menari di atas bara api membara tanpa ada luka bakar.

Dipercaya untuk menjadi salah satu ritual pagan tertua di Balkan, Nestinarstvo telah menantang penganiayaan oleh Gereja Kristen dan komunisme dan masih dipraktekkan di beberapa desa berbicara Bulgaria dan Yunani Pegunungan Strandzha. Salah satu pemukiman terpencil ini merupakan desa Bulgari legendaris, di mana orang masih menari di atas bara panas, sama seperti nenek moyang mereka telah dilakukan selama ribuan tahun.

Ritual misterius Nestinarstvo dimulai saat matahari terbenam, ketika nestinar kepala (penari api), mengenakan kemeja putih dan selempang merah melilit pinggangnya, tiba di Bulgari persegi dan mulai menyebarkan bara panas di lingkaran. Lampu Street diputar-off dan semua penduduk desa berkumpul sekitar ring menari terik, disertai suara bagpipe dan drum. The nestinari mulai menari di sekitar lingkaran, membawa ikon agama, dan kemudian tiba-tiba berjalan melalui api, kaki mereka ringan menyentuh bara merah-panas, kadang-kadang menekan keras dalam gerakan melingkar. Tarian ini berlanjut sampai nestinari yang memadamkan api dengan kaki mereka.

Seluruh desa Bulgaria mengambil bagian dalam perayaan, tetapi hanya nestinari profesional benar-benar melakukan tarian api. Pada zaman kuno, wanita hanya dipilih sebagai nestinari, namun saat ini juga dilakukan oleh laki-laki. Kebakaran penari misterius ini memiliki wajah salju pucat dan menjaga mata mereka setengah tertutup selama Nestinarstvo, sehingga banyak orang percaya bahwa mereka pergi ke trans rohani yang memungkinkan mereka untuk memberitahu masa depan. Sebagai soal fakta, seorang sejarawan Bulgaria yang telah mempelajari menari api sejak tahun 1972, dan menulis sebuah buku tentang itu, disebut "Api dan Musik"​​, klaim dia mendengar nubuatan dari sebuah nestinar Yunani, pada tahun 1993, yang diperkirakan perang Yugoslavia yang segera diikuti.

Tapi yang paling menakjubkan tentang Nestinarstvo adalah bahwa pemeriksaan medis dari nestinari telah mengungkapkan bahwa kulit kaki mereka lunak dan tidak menyajikan jejak luka bakar. Fakta lain penasaran adalah bahwa benda-benda yang jatuh pada bara membara, seperti kepala-syal dari nestinari wanita, tidak pernah menangkap api. Saksi mata bahkan melaporkan cerita tentang kebakaran penari yang tersandung dan jatuh di atas bara panas, tetapi hanya bangkit dan melanjutkan tarian mereka seperti tidak ada yang terjadi. Menurut masyarakat Bulgari, tidak ada yang bisa melakukan ritual ini, Anda harus dilahirkan nestinari seorang. Mereka adalah orang-orang khusus yang harus memiliki iman yang sempurna dalam kebaikan, dan keinginan jahat pada siapa pun. Ini rupanya membuat mereka aman, tetapi membutuhkan banyak persiapan mental untuk menguasai. Tentu saja, setelah kaki dingin tidak sakit, baik.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...