Istana tak hanya seru untuk diketahui bentuk dan bagian dalamnya, tapi juga kisah di balik keberadaannya, seperti Kastil Blarney di Irlandia. Konon, jika mencium salah satu batu yang ada di sana, keinginan Anda bisa tercapai.

Kastil Blarney berada sekitar 8 km dari pusat Kota Cork di Irlandia. Batu ini berdiri pada tahun 1446. Berumur cukup tua, kastil ini menjadi daya tarik wisata yang ramai wisatawan.

Dilongok dari situs resmi Kastil Blarney, Kamis (20/3/2014) di dalamnya, terdapat sebuah blok khusus yang dibangun, di situlah letak batu keramat yang banyak dikunjungi turis. Menurut kepercayaan penduduk setempat, konon barang siapa yang mencium batu tersebut akan terpenuhi segala keinginannya.

Batu ini berbentuk seperti tembok dengan sedikit jarak antara koridor untuk pejalan kaki. Karena berada di ketinggian, jeda antara koridor dengan tembok tampak seperti jurang.

Yang menarik, turis tidak mencium begitu saja batu. Ada cara khusus yang harus wisatawan pelajari sebelum mencium Batu Blarney.

Pertama-tama, wisatawan tidur terlentang dengan kaki yang dipegang. Kemudian, dengan berhati-hati, sandarkan kepala ke batu.

Setelah posisi stabil, pegang dua besi yang ada di dekat dinding agar tubuh tak terjatuh. Mendongak sedikit, cium batu dengan bibir Anda sambil mengatakan keinginan dalam hati.

Usut boleh usut, ternyata kepercayaan ini sudah ada sejak 200 tahun lalu. Jutaan wisatawan datang hanya untuk mencium batu Blarney. Padahal, kebenaran tentang terwujudnya keinginan belum tentu benar.