Rabu, 05 Maret 2014

Sekolah di China Ini Hanya Memiliki Seorang Murid Saja

Masalah pendidikan kembali menjadi obyek pembicaraan saat peringatan Hari Guru Indonesia pada 25 November 2013 kemarin. Masalah lebih dititik beratkan mengenai bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan di tengah gempuran modernisasi yang membuat siswa malas serta tawuran pelajar yang sudah mendarah daging.

Banyak yang mengekuhkan rendahnya minat belajar para siswa di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Daripada hanya mengeluh, mari kita melihat pendidikan di negeri China yang bisa kita jadikan contoh.

Sebuah sekolah dasar di Fujian, China, hanya memiliki seorang murid saja yaitu Hu Yang (8 tahun) yang kini duduk di kelas 3. Pada 7 tahun lalu, sekolah dasar ini memiliki 80 murid. Namun karena banyak murid yang pindah domisili, maka tinggallah Hu Yang seorang diri. Tidak ada siswa dan angkatan lain lagi selain dirinya. Padahal sekolahnya bukan sekolah reot seperti yang sering kita temui di daerah yang pemimpinnya korup.


Suasana kegiatan belajar mengajar


Hu Yang tidak pernah bosan ke sekolah walau di sekolahnya tidak ada teman

Seandainya hal ini terjadi di Indonesia, adakah guru yang mau mengajar siswa rajin ini? Atau adakah murid yang mau tetap ke sekolah? Benar-benar mengharukan perjuangan guru dan siswa di China ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...